Rabu, 19 Desember 2012

TIPS MEMILIH METODE PEMBELAJARAN


Ada beberapa tips dalam memilih metode pembelajaran, yaitu:

1. Perhatikan Tujuan Pembelajaran

Satu kata kunci : Tujuan lebih penting dari proses, artinya percuma proses pembelajaran dijalankan sampai menghabiskan energi berlebih jika proses tersebut tidak mendukung tujuan pembelajaran.
Menurut UNESCO, tujuan pembelajaran universal adalah : learning to be, learning to know, learning to do, dan leraning to live together.
Tujuan pembelajaran yang baik ditandai dengan ABCD, yaitu:

  • Audience

berarti siswa atau pembelajar dapat menjadi subjek dalam pembelajaran.

  • Behavior

berarti pengalaman, atau tindakan dijalani siswa dalam pembelajaran.

  • Condition

berarti kondisi nyata yang terjadi ketika siswa belajar atau akan belajar. 

  • Degree

berarti tingkatan atau taraf tertentu yang harus dicapai siswa. 

2. Perhatikan Karakteristik Siswa
menurut Gadner, karakteristik siswa ada delapan (multikecerdasan) yaitu : matematika-logis, bahasa, parsial, kinestetis, intrapersonal, antarpersonal, natural, dan musikal. tiap karakteristik kecerdasan tersebut memerlukan cara mendidik dan mnegajar yang berbeda.
Siswa yang belajar dibagi menjadi lima kelompok yaitu : Gifted, Conceptual, Contextual, Slow Learners, dan Disabilities. Menurut penelitian Asian Development Bank (2000) menemukan bahwa 60% pembelajar di Indonesia adalah Contextual, yaitu siswa baru dapat belajar jika guru membantu mengaitkan apa yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari di sekitar pembelajar.

3. Perhatikan Kemasan Materi Pembelajaran
Dalam memahami materi, banyak siswa yang hanya berproses melalui satu metode saja yang tidak pernah divariasikan dengan metode lainnya oleh gurunya. 
urutan Berfikir :
  • Fakta : apa, kapan, siapa, dimana
  • Konsep : pengertian, definisi, ciri-ciri, bentuk
  • Prosedural : langkah-langkah, cara, teknik
  • Prinsip : pengalihan, bentuk lain, penerapan

  
4. Perhatikan Situasi dan Konteks Belajar Siswa
Dalam memperhatikan situasi dan konteks, ada beberapa hal yang perlu dierhatikan, yaitu:

  • Prediktif

artinya situasi dan konteks diramalkan sebelumnya, yakni saat menyusun rencana pembelajaran. 

  • Produktif

artinya situasi dan konteks dapat memberikan dukungan bagi keberhasilan pembelajaran.

  • Antisipatif

artinya guru perlu mengantisipasi situasi dan konteks yang akan digunakan dengan berbagai kesiapan sehingga dapat menghadapi situasi dan konteks yang diinginkan. 

  • Adaptif

berarti penyesuaian proses yang dilaksanakan berdasarkan situasi dan konteks yang benar-benar terjadi.

  • Nyaman

artinya bahwa situasi dan konteks yang digunakan dalam pembelajaran memberikan dukungan bagi kenyamanan siswa dalam belajar.

5. Perhatikan Sumber Belajar yang Ada
sumber belajar adalah segala sesuatu yang mengandung informasi, gagasan, konsep dan dapat memudahkan, mengongkretkan, dan menyederhanakan materi sehingga siswa dapat lebih cepat, mudah, dan paham dalam memahami materi pembelajaran.
Dengan begitu, maka tujuan pembelajaran dapat dengan mudah dan cepat tercapai tingkat ketercapaiannya.
Cara menentukan sumber belajar yang tepat adalah : Kebermaknaan, Kesesuaian, Kepraktisan, Keamanan, dan Kenyamanan.   

6. Perhatikan Waktu yang Tersedia
Guru harus mampu mengatur penggunaan waktu sesuai dengan tahapan pembelajarannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar